A Great Story Comes With Great Stupidity : The Nekat Traveler

The Nekat Traveler

Senin, 16 Maret, pulang dari menghabiskan masa muda alias kuliah, gue mampir ke rumah sohib gue, Dana, untuk mendiskusikan hal penting. Bahkan ini lebih penting dari pada misi Frodo Baggins membuang cincin ke kawah gunung Mordor.


“Kamu kapan libur kerja?” Tanya gue sambil guling-guling di kasur.

“Selasa besok libur, Rabu udah masuk tapi masuk malam.” Jawab Dana santai sambil ngupil.

“Owh…” gue berpikir sebentar. “Besok ke Samarinda, yuk!”

“Ngapain?” Alisnya Dana naik sebelah. “Nemuin Fita?”

“Mancing di sungai Mahakam!” Jawab gue ketus. “Ya iyalah! Udah lama gak ketemu, Nyet! Kangen!”

Fita adalah pacar gue yang sekarang dan kita… LDR-an. Ini kali kedua gue LDR-an Balikpapan-Samarinda, sedangkan ini jadi LDR-an pertama buat Fita. Kita udah lumayan lama gak ketemu, sekitar 3 minggu dia belum pulang ke Balikpapan. Walaupun Fita aslinya orang Balikpapan, tapi dia jarang banget pulang. Kesibukannya di kampus dan UKM-nya yang bikin kita jarang ketemu. Dia pemain biola dan hampir tiap malam latihan di kampus.
 
Ini si Fita dan sumpah, gue gak pake pelet.
Kamu kan cowok, ya kamu dong yang datangin dia!

Nah, masalahnya adalah jadwal kuliah gue dan Fita itu berlawanan. Jadwal kuliahnya dia padat dari Senin sampai Kamis, Jumat dan Sabtu libur. Sedangkan jadwal kuliah gue, padat saat weekend. Kayak jadwal gue yang sekarang nih: Senin kuliah pagi, selasa libur, Rabu kuliah masuk sore, Kamis libur, jumat kuliah masuk sore-malam, Sabtu kuliah pagi-siang.

Bagi gue, weekend itu cuma mitos!

Tapi gue sadar, yang namanya LDR, itu harus bertemu. Sedih rasanya kalo cuma bisa bilang kangen tapi gak ada waktu untuk ketemu, kan? Jika obat penguat dalam malam pertama adalah Viagra, maka obat penguat dalam hubungan LDR adalah bertemu. Sesimpel itu.

“Ayo aja, aku juga lagi butuh refreshing. Stress sama kerjaan.”  Dana tampak antusias. “Tapi… aku gak tau jalan di Samarinda, cuma tau jalan menuju Samarindanya aja loh.”

Antiklimaks.

Gue pikir Dana tau seluk beluk kota Samarinda, makanya gue minta temenin ke sana soalnya gue emang belum pernah lagi ke Samarinda. Terakhir ke sana itu pas gue SD kelas 6, dan sekarang gue kuliah semester 6. Alasan gue gak pernah ke sana walaupun sebelumnya pernah LDR-an Balikpapan-Samarinda adalah karena pacar gue (Oke, mantan) waktu itu seminggu sekali pasti pulang ke Balikpapan, jadi gue gak pernah nyamperin dia ke sana.

“Aduh gimana, ya?” gue jadi makin galau. “Nekat aja, yok?”

“Errr…” Dana menggaruk dahinya. Berusaha berpikir. “Ya kalo sampe sana hubungi Fita lah, minta jemput.”

“Nyet, aku gak bilang kalo mau ke sana, kejutan gitu.”

“YA KALO KITA GAK TAU JALAN DI SANA NTAR NYASAR WOI…”

“Ya seenggaknya kalo ke sananya sama kamu, aku gak nyasar sendirian di sana.”

“Bangke!”

“Yang penting kita sampe Samarindanya aja dulu, ntar tanya jalan aja ke orang. Atau enggak, kita pake GPS. Gimana?”

Dana mengangguk tanda setuju. Atau tanda upilnya makin masuk ke dalam.

Selasa, 17 Maret, pukul delapan pagi gue udah di rumah Dana. Gue pake jaket parasut hitam, kaos hitam, celana jeans, sepatu converse, slayer buat nutupin hidung dan mulut dengan warna hitam juga. Kalo gue liat-liat, kayaknya setelan ini lebih cocok untuk membegal orang daripada nemuin pacar.

Dana memakai kaos putih, jaket jeans buluk, skinny jeans belel, sepatu airwalk buluk dan belel. Gembel abis.

“Kenapa?” Tanya Dana yang ngeliat gue tampak kebingungan.

“Aku lupa bawa sarung tangan!”

“Oh iya, kita mau jalan jauh ya?” Dana tampak paham dengan kebingungan gue. “Harus pake sarung tangan biar cengkraman di stangnya kuat kan?”

“Bukan! Ntar tanganku belang!”

“Yaelaaaaahhh!!!” Dana menepuk jidatnya, “Hampir aja aku lupa, bentar ya aku pinjem punya ibuku dulu di dalam!” Dana lari masuk kembali ke dalam rumahnya. 5 menit kemudian dia keluar dengan memakai sarung tangan belang-belang warna pelangi. Yang tadinya Dana mirip gembel, sekarang dia lebih mirip gembel salah gaul.

Kami berdua pun menaiki si Fixie, gue yang nyetir, Dana gue bonceng di belakang. Sumpah, bukannya meragukan tingkat intelejensia pembaca, gue cuma mau menjelaskan kalo kami berdua bukan orang stress yang bonceng orang dengan posisi di depan yang nyetir.

Jarak Balikpapan-Samarinda sekitar 100an km dan kira-kira kalo ditempuh dengan naik motor sekitar 3 jam perjalanan. Jadi, kalo dari Balikpapan ke Samarinda itu jalannya lurus doang dan disebutnya ‘kilo’. Nah, Kilo itu singkatan dari kilometer. Sumpah, gue gak bermaksud meragukan tingkat intelejensia kalian lagi.

“Kalo kita sampai sana, ini jadi perjalananku paling jauh naik motor.” Kata gue.

Let’s do it!” Dana menepuk-nepuk pundak gue. Gue jadi ngerasa kayak kang ojek.

Perjalanan kita pun dimulai. Sepanjang jalan kita ngobrolin banyak hal biar gak kerasa jauh dan capek di jalan. Alasan lain kenapa gue ngajak Dana buat nemenin ya ini, biar gue gak bosen di jalan. Alasan utamanya jelas: biar ada temen kalo nyasar di kota orang.

Dana ini sohib gue dari jaman TK, jadi kalo ngobrol apa aja sama dia, pasti nyambung. Apa aja kita obrolin, mulai dari yang topik gak penting kayak mantan yang udah bahagia sama pacar barunya, sampai topik paling membingungkan: kenapa cewek susah dimengerti?

Selama perjalanan selalu ada hal yang bisa kita obrolin, misalnya ketika melewati kilo 8, Dana langsung jerit, “POLTEKBA, NYET! KAMPUSKU DULU!” Iya, Dana sempet setahun kuliah di Politeknik Negeri Balikpapan sebelum akhirnya berhenti dan kerja di perusahaan minyak milik Negara.

Pas ngelewatin kilo 15 kita juga heboh sendiri, “Kebun raya Balikpapan, Nyet! Keren!” Padahal kita berdua belum pernah masuk ke sana.

Pas ngelewatin kilo 17… (Oke, sebaiknya kalian googling dengan keyword: Kilo 17 Balikpapan).

Dan bener aja, gara-gara ngobrol kita jadi gak kerasa udah jalan lumayan jauh.
“Nyet, kita udah ninggalin kota Balikpapan!” kata gue pas ngelewatin gapura batas wilayah kota di sekitar kilometer 25. (Kalo gak salah inget, muehehehe).

“25 Kilo lagi kita istirahat aja, di tahu sumedang. Aku belum sarapan.” Dana memberi usul. Jadi, di perjalanan Balikpapan-Samarinda ada spot untuk istirahat gitu, warung tahu sumedang dan ini udah terkenal banget. Gue pun setuju aja karena si Fixie juga butuh istirahat.

Untungnya saat itu cuacanya lagi bagus. Gak panas, gak dingin juga. Jadi gue pacu si Fixie dengan kecepatan sedang, sambil nikmati pemandangan hijau di sepanjang jalan. Gue bosen tiap harinya liat gedung-gedung perusahaan misalnya berangkat kuliah, dan melihat pemandangan begini, bikin mata gue seger banget.

Setengah jam kemudian kami berdua sampai di kilo 50, tahu sumedang! Turun dari motor, gue renggangin punggung dan leher, sensasi bunyi ‘kretek’ di persendian punggung, leher dan jari tangan bener-bener asoy abis. Dana langsung masuk ke dalam, pesen tahu sumedang, mie rebus dan teh hangat buat isi perut.
mencoba memfoto makanan tapi hasilnya tidak artistik sama sekali
“Cepet juga ya kita? Baru jam setengah 10 udah di kilo 50.” Ucap gue sambil melihat jam yang melingkar di tangan kiri.

“Eh iya…” Dana tersadar saat melihat jam di hapenya. “Paling kita sampe sana jam setengah dua belas. Itu Fita udah selesai kuliah, kan?”

“Ummm…” gue garuk kepala. “Jam 10 ini dia selesai mata kuliah pertama.”

“Baru lanjut kuliah lagi?”

“Iya,” jawab gue pelan. “Jam satu sampai jam tiga.”

“TERUS KITA KE SANA NGAPAIN? NUNGGUIN DIA KULIAH?”

“Ntahlah, aku bingung. Aku cuma pengin ketemu sama dia. Kapan lagi jadwal kita sama-sama libur?”

Dana diam.

“Semoga beneran sampai sana jam setengah dua belas. Biar bisa makan siang bareng.” Kata gue.

“Yaudah, cepet habisin makanannya. Kita berangkat sekarang. Semoga sempet makan siang bareng dia. Sebagai sohib sejati, kalo itu bikin kamu bahagia, aku juga bahagia.”
Saat itu gue ngerasa Dana bener-bener sohib gue. Dia tau perjalanan ini bakal lebih lama di jalannya daripada durasi gue ketemu Fita. Tapi belakangan gue sadar, kalo para pelayan tahu sumedang mulai gosipin gue dan Dana gara-gara kalimat, “kalo itu bikin kamu bahagia, aku juga bahagia.”

Bajigur….

Pukul setengah sebelas kita lanjutin perjalanan. Cuaca mulai terik. Jalanan mulai zig-zag. Bis dan truk yang lewat banyak yang ngebut tanpa klakson terlebih dahulu. Gue sendiri nyetir di pinggir jalan dengan kecepatan pelan, takut ketabrak.

Demi mengejar agar bisa makan siang bareng pacar, gue geber si Fixie sampai kecepatan 80 km/jam. Gak lama kemudian, jalanan yang tadinya disuguhi pepohonan, mulai berganti menjadi warung, rumah, Disneyland. (Anjrit, sejak kapan ada Disneyland di Samarinda?!)

Gue makin bersemangat ketika melihat rambu jalan: Lurus ke Tenggarong, Kanan ke Samarinda. Gue segera  belok kanan dan mengikuti jalan. Jam di tangan kiri sudah menunjukkan bahwa tangan gue belang. Oh bukan, sudah pukul 11.20.

“Selamat datang di Samarinda”

Gerbang dengan tulisan itu semakin membuat gue tersenyum lebar. Dana menepuk pundak gue, “Welcome back, nyet!” Gue ngerasa kayak kang ojek.

“Tinggal cari jembatan sungai Mahakam, kita sampai di kota kan?” Tanya gue buat meyakinkan diri sendiri. Semoga jalan menuju kota yang gue inget 9 tahun yang lalu masih sama.

“Iya, lurus aja ini mah, ntar nemu jembatan sungai Mahakam, baru deh deh cari kampusnya Fita.”

Gue geber si Fixie lebih cepat. Kelakuan gue ini cuma bertahan 1 menit, jalanannya ternyata ancur banget, kampret! Gue curiga jalanannya ini bekas tempat pertempuran ultraman dan Godzilla. Banyak lubang di mana-mana!

Gue lurus ikuti jalan tapi gak ada tanda-tanda bakal nemu sungai Mahakam. Jam di tangan sudah menujukkan pukul 11.40, “Bener nih lurus aja?” Tanya gue yang mulai ragu sama Dana.

“Seingatku sih lurus aja. Tapi… ini kok kayak beda ya?”

Iya, sepanjang jalan yang kita lalui sudah banyak rumah penduduk, tapi hanya rumah-rumah biasa, gak ada jembatan sungai mahakan, gedung atau mall. Apalagi Disneyland.

“Coba cek GPS deh… kayaknya kita nyasar.”

Dana mengambil sony experianya dari kantong jaketnya, “Gak ada sinyal, Nyet.”

“….”

Akhirnya kita terus jalan lurus sambil tolah-toleh kayak nyari mangsa buat dibegal.

Adzan Dzuhur pun berkumandang, artinya sudah pukul 12 lewat. Bayangan makan siang bareng pacar mulai luntur. Jangankan nemuin kampusnya, ke Samarindanya aja gak sampe-sampe.

“Nyet, tadi aku liat nama mesjid yang kita lewati, di situ ada alamatnya. Nah ini kayaknya kita lagi di Samarinda Sebrang. Bukan Samarinda tujuan kita.” Kata Dana pelan.

Gue berhenti di pinggir jalan. Jadi, menurut penjelasan Dana, kota Samarinda itu terbelah oleh sungai Mahakam. Tempat gue sekarang adalah samarinda sebrang, sedangkan yang harusnya gue datangi adalah samarinda yang di sebrang satunya. Untuk ke sana ya harus melewati jembatan Mahakam yang kita cari-cari.

“Jadi nyasar, nih?”

Dana mengangguk, “Kayaknya gitu.”

GUE BENERAN NYASAR KAYAK YANG GUE PREDIKSIIN KAN!!! MANA HAPE GAK ADA SINYAL! JAM MAKAN SIANG UDAH MAU SELESAI! FITA UDAH MAU KULIAH LAGI! AAAAAKKKK!!! 
Asli, gue panik.




TO BE CONTINUED...

6 comments

wah leh uga cewe baru u

Reply

Mas. Ente kan dapet Liebster Award dar gue. Cek di blog gue

Reply

gpp bang,, kan nyasarnya sama dana.. gak sendiri tohh.. ^^

Reply

ya itu kan emang maksud dan tujuan ngajak Dana, ternyata emang nyasar beneran haha

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postingan gue. Gak perlu ninggalin link blog untuk dapet feedback, karena dari komentar kalian pasti dapet feedback yang sepadan kok.

Terima kasih!